Selasa, 18 November 2008

Membuat Tulisan Menjadi Profit Sekaligus Aset

Semua orang pasti pernah menulis, namun tidak semua orang suka menulis. Menulis merupakan kegiatan membahasakan data atau informasi dan segala hal dalam bentuk tulisan. Banyak sekali kegiatan menulis yang dapat kita lakukan, mulai menulis cacatan, buku, data dan pengalaman yang kita miliki dalam bentuk paper atau karangan ilmiah.

Sebenarnya saya bukan orang yang terlalu hobby menulis, tapi saya coba untuk menulis apa saja yang saya inginkan, karena menulis ternyata membuat waktu lebih berharga, bisa berbagi dan bisa jadi profit.

Maksud dan tujuan saya menulis judul ini adalah agar Anda dan setiap pembaca tulisan ini memiliki semangat menulis dan dapat memperoleh ide, semangat bahkan penghasilan, setidaknya penghasilan tambahan, walaupun sekedar menulis di blog, apalagi kalau menulis lebih serius, ditambah lagi kalau kemudian anda dan saya dapat menjadi penulis buku-buku terkenal/best seller.

Banyak orang ingin yang sukses dengan menulis. Saya ingin sekali menjadi salah satu diantara mereka, tapi apa daya saat in ternyata belum bisa. Namun akan kucoba mulai saat ini, dengan hal-hal kecil saja, seperti kata penulis-penulis inernet terkenal seperti Kang Welly Mulia, Kang Rohman, dan banyak yang lain yang asset dari tulisannya sudah lumayan besar.

Bill Gates, bersama teamnya tetap menulis kode program komputer, tulisan mereka jadi duit. Bill, sodara kandung saya ini hanya lain ayah lain ibu, kemudian menjadi orang terkaya di dunia. Pak Robet T Kiyosaki juga menulis buku-buku best seller dan tulisannya jadi duit baik untuk dirinya sendiri atau untuk para pembacanya. Bang Haji Roma Irama menulis lagu dangdut, jadi duit pula. Joko Susilo menulis buku panduan yang disebut Formula Bisnis, sangat laris dan juga jadi banyak duit. Anne Ahira menulis pelajaran sangat lengkap tentang Internet Marketing dan Bisnis Internet, atau bisa menulis di iklan gratis, jadi duit juga. Saya sendiri baru tahap meranggak untuk dapatkan duit dengan tulisan karena baru sadar untuk kalo semua pasti dengan mencoba, belajar dan berusaha. Betul tidak?

Cara Membuat TULISAN yang kemudian MENJADI DUIT:

Menulis itu sangat luas defenisi dan cara serta macamnya. Sebagian orang menulis di blog mereka juga untuk cari duit, secara langsung atau tak langsung. Misalnya dengan menulis sekedar pengalaman pribadi, akhirnya menjadi kenal dengan para pembaca, perkenalan ini kemudian berkembang menjadi komunikasi dan relationship yang lebih baik, setelah itu terbentuk maka jauh lebih mudah untuk berbisnis, dan bisnis biasanya eh hampir selalu menjadi duit, asalnya dari menulis di blog. Betul ya?

Menulis Dan Menjual Dalam Bisnis Internet

Bagaimana Anda memasarkan program afiliasi, reseller, paid review, member get member Anda di internet? Pastilah pemilik program tersebut telah terlebih dahulu menuliskan bisnisnya di website dia. Kemudian Anda yang memasarkan website refferal atau website replika anda. Caranya sudah pasti sebagian besar anda lakukan dengan menulis, mungkin menulis email, menulis iklan, menulis sms, menulis di forum-forum, menulis di catatan kaki di artikel yang anda tulisakan di blog teman dan sebagainya.

Jika Anda sering melakukannya, maksud saya menulis seperti diatas, maka artinya anda telah membuat sautu langkah agar kemudian tulisan Anda tadi jadi duit. Karena itu, menulis itu adalah wajib hukumnya dalam bisnis online atau internet marketing, tidak ada pilihan yang lain. Mungkin Anda hanya menulis pendek untuk iklan Adwords anda atau iklan di ppc yang berbayar, tetap saja Anda harus menuliskannya terlebih dahulu, barulah cari peluang

Pada dasarnya semua kita sudah tau ilmu kuno tebar menebar ini, hanya saja banyak diantara kita yang belum mempraktekkannya saja. Betul ya? Memang dan mungkin Anda telah menebar, namun lebih baik menebar benih yang bagus, menebar tulisan yang bagus, ditempat yang bagus, agar apa yang anda tuai juga lebih bagus. Menulis iklan baris atau komentar memang bagus, namun tidak sebagus satu atau dua atau lebih artikel yang lebih lengkap, mandiri dan menjual. Lebih keren anda menulis di blog anda sendiri, atau menulis di blog-blog ngetop yang telah Anda kenal.

Yang pasti, ilmu saja tidaklah cukup, informasi juga demikian, keinginan juga tidak berarti. Kecuali ia jatuh pada tangan seseorang yang mampu membuatnya menjadi produktif. Selamat menulis buat anda.

Komentar anda sangat saya harapkan untuk perbaikan tulisan ini dan tulisan berikutnya.