Kamis, 02 April 2009

Cara Install Google Friend Connect ke dalam Blog

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog, salah satu contohnya yaitu meng install google friend connect ke dalam blog. Blog tips ini teryata telah banyak diakui dan diyakini mampu mempromosikan suatu blog kepada sesama pengguna google friend connect. Terlepas benar atau tidaknya cara ini bisa menambah jumlah pengunjung blog dan situs.

Namun yang jelas postingan ini sudah lama aku iidamkan/nginkan, tapi baru kesampaian setelah belajar dari banyak sumber dan ingin blog saya tampil lebih elegan dan menjawab pertanyaan teman-teman yang menanyakan bagaimana cara menginstall tools gratis dari google yang satu ini.

Karena tools ini milik google maka sebaiknya anda membuat account di google dulu, misalkan Gmail, Google Orkut ataupun yang lainya. Setelah itu silahkan ikuti langkah– langkah seperti dibawah ini:

• Daftar Google Friend Connect, disini
• Pada halaman utama click tombol Set up a new site.
• Pada halaman Login di isi alamat Gmail anda atau account google anda dan click I Agree Friend Connect Developer TOS.
• Selanjutnya pilih layout lalu isi nama pada kolom site dan masukan alamat atau URL blog yang ingin di install google friend connect. dan click Continue.
• Download dua buah file (rpc_relay.html & canvas.html) yang diberikan lalu simpan masing – masing kedalam notepad.
• Selanjutnya Login ke dalam account blog anda dan copy-paste isi dari file rpc_relay tadi pada satu post baru yang diberi judul rpc_relay. Setelah itu lakukan hal yang sama pada file canvas.html “copy – paste kedua buah file tersebut pada dua buah post baru yang berbeda dan beri judul sesuai dengan nama file masing – masing lalu publish”
• Jika sudah selesai sekarang kembali lagi pada proses install google friend connect sebelumnya, yaitu clik pada tombol Continue dan Test to finally set up.
• Dan kalau semua cara install friend connect diatas sudah benar maka sekarang anda tinggal memilih layout yang cocok untuk blog atau situs anda.
• Setelah itu copy - paste code HTML yang diberikan pada gadget, widget atau edit html yang ada pada blog dan situs anda.

Sedangkan bagi pengguna enggine wordpress.org maka yang dibutuhkan adalah menambahkan plugin Google Friend Connect Integration lalu mengaktifkannya. Setelah itu tinggal mendaftar pada Google Friend Connect seperti contoh diatas.

Selesai sudah proses instalasi google friend connect ke dalam blog atau situs yang diinginkan, sekarang saatnya anda mencari teman dan mengundang teman untuk bergabung supaya bisa mempromosikan blog dengan mudah dan menambah jumlah pengunjung blog anda. Selamat mencoba dan semoga blog tips ini bisa membantu untuk cara install google friend connect ke dalam blog.

Slamat berbloging ria



2 Komentar:

Anonymous Infopemula mengatakan...

Sebenarnya untuk blog yg menggunakan Blogspot bisa langsung tambahkan aja gadget "iGoogle Friends"
sebab cara diatas kyaknya malah mempersulit khusus pengguna blogspot
Silahkan dicoba semoga membantu

Kamis, April 02, 2009 6:53:00 PM  
Anonymous duadua mengatakan...

Thanks abang,semoga bermanfaat

Selasa, April 07, 2009 8:04:00 AM  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda